Mantab ! Lima Mahasiswa Undip Konversi Kotoran Sapi Jadi Listrik

Mantab ! Lima Mahasiswa Undip Konversi Kotoran Sapi Jadi Listrik – Lima mahasiswa lintas program studi (prodi) Universitas Diponegoro (Undip) berhasil mengkonversi kotoran sapi menjadi energi listrik. Kelimanya ialah Atiatul Manna, Nurrizka Kurniawati, dan Septiatun Khasanah dari prodi Kimia, Agus Priyanto dari Peternakan dan Zaenal Abidin dari Fisika.

Mantab ! Lima Mahasiswa Undip Konversi Kotoran Sapi Jadi Listrik
Mantab ! Lima Mahasiswa Undip Konversi Kotoran Sapi Jadi Listrik

Dihubungi lebih lanjut, Agus Priyanto mengklaim berdasarkan penelitiannya 500 gram kotoran sapi bisa dikonversi menjadi 2 KWH arus listrik.
“Kemarin kami menguji coba 500 gram dan hasilnya 2 KWH,” terang Agus lebih lanjut.
Pria yang kini sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Pemalang tersebut menjelaskan, reaktor yang mereka buat untuk mengkonversi kotoran menjadi listrik memang memang bersifat prototipe. Sehingga jumlah KWH yang dihasilkan bisa ditingkatkan seiring dengan penelitian lebih lanjut.
“Untuk menghasilkan listrik, anoda murni didapat dari feses sapi, sedangkan katoda berasal dari zat kimia, jika saja anoda bisa dicampur dengan zat lainnya dan bukan murni kotoran arus yang dihasilkan juga lebih besar,” imbuhnya lebih lanjut.
Mahasiswa ilmu peternakan ini memaparkan, potensi kotoran sapi sebagai pembangkit listrik cukup besar. Hal itu didasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2014, populasi sapi mengalami peningkatan15,66% setiap tahun.
Selain itu banyak penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai peternak dan umumnya peternak memiliki lahan dengan jumlah ternak 1-10 ekor.
“Peningkatan jumlah populasi sapi yang dapat mengindikasikan bahwa produksi kotoran sapi semakin melimpah. Namun, pengolahan limbah ternak sapi yang belum terkelola secara baik akan menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan,” imbuh Agus. (*)